Selasa, 05 Februari 2013

GERBANG LOGIKA

               Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih satu sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. Gerbang logika merupakan dasar pembentukan sistem digital.

Macam-macam Gerbang Logika
1. AND
                    Gerbang ini menghasilkan logika 1 jika masukan sama-sama 1, namun jika salah satu masukan bernilai 0 maka akan menhasilkan logika 0, dapat juga dirumuskan dengan perkalian.

 
Tabel Kebenaran

2. NAND ( NOT AND )
               Gerbang logika NAND akan menghasilkan logika 1 jika salah satu masukan bernilai 0, namun jika kedua masukan bernilai 1 semua, maka akan menghasilkan logika 0. Gerbang NAND merupakan kebalikan dari gerbang AND.
 

Tabel Kebenaran

3. OR
            Gerbang ini akan menghasilkan keluaran 1 jika salah satu masukannya bernilai 1, tapi jika masukkannya bernilai 0 semua, maka akan bernilai 0. 
 





Tabel Kebenaran

4. NOR ( NOT OR )
              Gerbang ini akan memberikan keluaran 0 jika salah satu masukan bernilai 1, namun jika semua masukan bernilai 0, maka akan memberikan keluaran 1. Gerbang NOR merupakan kebalikan dari gerbang OR.
 

Tabel Kebenaran

5. XOR
               Gerbang XOR berbeda dari gerbang yang lain, gerbang ini akan menghasilkan logika 0 jika kedua masukan mempunyai nilai yang sama, namun jika kedua masukan mempunyai nilai yang berbeda, maka akan menghasilkan logika 1.

Tabel Kebenaran
 
6. NOT
                Gerbang ini merupakan gerbang yang mempunyai sebuah input atau masukan dan output atau keluaran. Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (inverter), sehingga output dari gerbang ini merupakan kebalikan dari inputnya. Jika input atau masukannya 0, maka output atau keluarannya 1. Namun jika input atau masukannya 1, maka output atau keluarannya 0.

Tabel Kebenaran
 

 

1 komentar: