Senin, 30 Juli 2012

PENGKABELAN


Kabel jaringan adalah kabel yang digunakan sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer, komputer dengan switch, antara switch dengan router dll. kabel jaringan.
Peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah pengkabelan jaringan adalah sebagai berikut :

 Kabel UTP.




Kabel UTP atau Unshielded twisted pair adalah kabel yang digunakan untuk membuat jaringan LAN dan sistem telepon. Ada tujuh kategori kabel UTP, namun yang sering digunakan untuk jaringan adalah kabel UTP dengan kategori 5e dan 6 atau yang sering disebut dengan cat5e dan cat6.
Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP.
Ada dua standart pengkabelan yaitu :
  • T568A standart pengkabelan yang susunan  yaitu ;
  1. Hijau Putih
  2. Hijau
  3. Orange Putih
  4. Biru
  5. Biru Putih
  6. Orange
  7. Coklat Putih
  8. Coklat
  • T568B standart pengkabelan  yang susunan yaitu :
  1. Orange Putih
  2. Orange
  3. Hijau Putih
  4. Biru
  5. Biru Putih
  6. Hijau
  7. Coklat Putih
  8. Coklat
 Dan untuk pengkabelannya sendiri memiliki dua jenis yaitu :
  • straight adalah pengkabelan yang yang digunakan untuk menghubungkan device atau peralatan yang berbeda jenis. misalnya, komputer dengan switch, switch dengan routenanr dll. pengkabelan ini sama antara ujung yang satu dengan ujung yang lain. jika ujung yang pertama menggunakan standart T568A maka ujung satunya juga menggunakan T568A, jika ujung satunya menggunakan standart T568B maka ujung satunya juga menggunakan T568B.

  • cross adalah yang digunakan untuk menghubungkan device atau peralatan yang sejenis. misalnya, komputer dengan komputer, switch dengan switch dll. jenis pengkabelan ini memiliki perbedaan ujung-ujungnya yang akan ditancapkan pada konektor. jika ujung yang satu menggunakan kabel dengan standart T568B maka ujung satunya menggunakan standart T568A. Dan jika yang satunya menggunakan standart T568B maka satunya menggunakan T568B.

RJ 45


RJ 45 adalah konektor yang digunakan untuk menyambungkan kabel dengan komputer atau device yang akan disambungkan dalam sebuah jaringan.

Tang Crimping


 adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan atau melengketkan kabel dengan konektor. jika kabel sudah dicrimping maka RJ45 tidaka akan bisa dijabut lagi.
 Tester

alat yang digunakan untuk mencoba apakah kabel yang ditancapkan pada konektor sudah tertancap dengan benar apa belum.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar