Selasa, 18 Maret 2014

DTE & DCE

DTE (DATA TERMINAL EQUIPMENT)

DTE (Data Terminal Equipment), jika diartikan dalam bahasa artinya Peralatan terminal data, dimana peralatan terminal biasanya berada di ujung sebuah jaringan dan berfungsi untuk menerima sinyal dari pusat dan melanjutkannya ke User sehingga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi.
Sesui dengan kepanjangannya yaitu Data Terminal Equipment, DTE biasanya berupa terminal atau komputer yang meniru terminal.

Dalam menyampaikan data, DTE menggunakan cara sebagai berikut


Asinkron 
Dengan menggunakan start/stop bit. Digunakan untuk terminal yang menerima data dalam bentuk karakter. Memiliki kecepatan yang tidak begitu tinggi.






Sinkron
Data yang dikirimkan berupa berita (teks) yang terdiri atas sejumlah karakter. Kecepatannya tinggi.



Paket
Data yang dikirimkan dalam bentuk paket yang terdiri atas sejumlah bit yang telah ditentukan banyaknya. Digunakan hanya apabila komputer disambungkan ke jaringan data (data network). Dan memiliki kecepatan yang tinggi.


DCE (DATA CIRCUIT EQUIPMENT)

DCE (DATA CIRCUIT EQUIPMENT) bila diartikan adalah Peralatan Sirkuit data. Dimana Peralatan ini menghubungkan antara DTE dengan data circuit transmisi. DCE biasanya berupa modem.
DCE mengfungsi untuk menerima bit-bit dari media transmisi dan berinteraksi dengan DTE. Jadi secara tidak langsung, DCE menghubungkan antara DTE dengan media transmisi.

Fungsi utama dari DCE adalah melakukan konversi, coding dan clocking. Dimana coding merupakan pengkodean data yang digunakan untuk berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar