Selasa, 08 November 2011

PENGERTIAN MASTER DAN SLAVE


PENGERTIAN MASTER DAN SLAVE

Slave dan Master terdapat pada konektor IDE yang menghubungkan motherboard dengan piranti simpan seperti floppy disk atau harddisk. penggunaan istilah master dan slave biasanya digunakan jika kita menggunakan dua buah harddisk atau lebih (SATA atau IDE). Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua konektor. Konektor yang pertama adalah primary IDE dan yang satunya adalah secondary IDE.


Konektor primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive, primary secondary master yang berfungsi sebagai tempat untuk operating system. Konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan piranti-piranti untuk akses slave seperti CD-ROM dan harddisk slave yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data.

Perlu diketahui jika kita ingin memasang dua Harddisk atau optikal drive dalam satu kabel dengan jumper master semua atau slave semua, maka Harddisk atau optikal drive tersebut tidak akan terdetek. Jadi jika kita ingin memasang dua Harddisk dalam satu kabel, jumper yang kita gunakan harus satu master dan satu slave.

Cara menyambungkan konektor atau pin IDE dengan kabel, yaitu :
1)     Cari port IDE.
2)     Hubungkan pita kabel IDE yang memiliki tanda strip merah pada salah satu sisinya, sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomer satu di konektor. Bila menancap terbalik, piranti yang terpasang tidak akan dikenali oleh computer.
3)     Pasang ujung kabel yang lain pada Disk Drive.
4)     Pasang pula kabel power supply pada Disk Drive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar